Pada hari Minggu (12/04), pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Daerah Bali melakukan kunjungan dan pengabdian profesi ke Desa Pakraman Karangasem. Ketua IAI Daerah Bali, I Kadek Pranajaya, S.T., M.T., I.A.I., langsung memimpin kunjungan dan pengabdian profesi ini, didampingi oleh Wakil Ketua I, I Gusti Lanang Ngurah Wiantara, S.T., I.A.I, Putu Gede Artha Wibawa, S.T., I.A.I. (Bidang Pengabdian Profesi), dan Made Agus Adi Prabawa, S.T. (Bidang Pengkajian dan Pelestarian Arsitektur). Kunjungan dan pengabdian profesi ini merupakan tindak lanjut dari program pada kepengurusan sebelumnya dilokasi yang sama untuk membantu masyarakat Desa Pekraman Karangasem dalam mendesain Pura Puseh Meru yang akan direnovasi dan di pugar. Program pengabdian profesi Ikatan Arsitek Indonesia Daerah Bali kali ini  di Desa Pakraman Karangasem yaitu membantu masyarakat setempat dalam mendesain Pura Buda Ireng yang akan di lakukan pemugaran dan renovasi yang kondisinya sangat layak untuk dilakukan perbaikan maupun konservasi saat ini.

 

Setibanya di Desa Pakraman Karangasem, pengurus IAI Daerah Bali diterima langsung oleh Kelian Desa Pakraman Karangasem, I Wayan Bagiarta, S.H., M.Hum., beserta para prajuru se-Desa Pakraman Karangasem yang sedang melaksanakan paruman di Pura Puseh Desa Pakraman Karangasem. Pihak Desa memberikan kesempatan kepada IAI Daerah Bali untuk memaparkan hasil pra-rancangan Pura Buda Ireng, serta memohon masukan kepada pihak Desa terkait teknis dan bahan yang akan digunakan dalam pemugaran. Berdasarkan hasil paruman, disepakati bahwa pemugaran Pura Buda Ireng agar memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian bangunan bersejarah, mengingat Pura Buda Ireng memiliki sejarah peradaban yang cukup panjang, beserta keunikan-keunikannya yang dikandungnya.

 

Seusai melaksanakan paruman dan presentasi gambar usulan, IAI Daerah Bali bersama dengan prajuru Desa diajak Megibung (makan siang bersama ala karangasem) sejenak di Puri karangasem, setelah itu dilanjutkan dengan pemotretan dan pengukuran kembali Pura Buda Ireng oleh Pengurus IAI Daerah Bali bersama dengan prajuru untuk melihat kondisi pura saat itu

 

Ditulis oleh : Made Agus Adi Prabawa, S.T (Pengurus IAI Bali Bidang Pengkajian, Pelestarian Arsitektur, dan Green Design)